Rekomendasi 5 Platform Gratis untuk Memulai Bisnis Online

Minggu, 15 November 2020, Oleh: writerpas admin

 

Apabila ingin mulai menjalankan suatu bisnis online, Anda pasti membutuhkan modal, meskipun yang dibutuhkan variatif tergantung jenis dan model rencana yang akan dilakukan. Keberadaan platform gratis sangat membantu Anda dalam mengirit modal. Anda bisa memanfaatkan platform gratis ini untuk memulai bisnis online yang akan dijalankan.

Rekomendasi 5 Platform Gratis untuk Memulai Bisnis Online 


Ketika menjalankan suatu bisnis, Anda harus menekan pengeluaran sekecil-kecilnya dan mendapatkan pemasukan sebanyak-banyaknya. Salah satu cara untuk mendukung hal tersebut adalah dengan memanfaatkan keberadaan platform gratis. 


Memanfaatkan platform gratis memungkinkan Anda untuk bisa berinteraksi dengan banyak orang, terutama berinteraksi dengan orang yang akan membeli produk Anda tanpa dihalangi oleh batasan tempat dan waktu. Apa saja platform gratis yang bisa digunakan? Untuk loebih lengkapnya, simak uraian di bawah ini.


1.    WordPress
WordPress merupakan platform blog yang dulunya digunakan untuk sekadar menumpahkan isi hati penulisnya. Namun, seiring berjalannya waktu, WorPress pun kini bisa disulap menjadi lapak online. Jika ingin menggunakannya, maka terlebih dahulu Anda harus mengunjungi WordPress.com. Di sana, Anda akan menemukan panduan membuat situs gratis dalam bahasa Indonesia.


Kelebihan dari platform ini adalah menyediakan banyak fitur, seperti mudah dioperasikan, memiliki banyak plugin, dan sebagainya. Selain itu, Wordpress juga menawarkan fitur berbayar dalam layanannya. Kegunaannya untuk membuat tampilan situs toko online menjadi lebih menarik.  Sedangkan kelemahannya tidak bisa menerika iklan bisnis Google Adsense, fitur harus tetap aktif, dan sebagainya.


2.    Blogspot 
Bisa dibilang platforms gratis yang satu ini tidak jauh berbeda dengan WordPress. Tidak mengherankan jika banyak orang selalu membandingkan keduanya. Adapun cara untuk membuat toko online melalui platform ini adalah dengan mengunjungi Blogger.com.


Blogspot memiliki fitur utama yang ramah digunakan oleh pengguna baru sehingga sering digunakan untuk memulai bisnis online. Namun, paltform ini menawarkan layanan yang sangat terbatas jika digunakan untuk membuat toko online. Kekurangan lainnya adalah temanya tidak bisa diutak-atik sendiri karena sudah tersedia langsung.


3.    Joombla
Joombla merupakan platform gratisan yang sangat populer, bahkan diklaim memiliki banyak pengguna. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya fitur yang tersedia dan beberapa fiturnya cukup simpel dan gampang digunakan. Menariknya lagi, tersedia modul Virtuemart untuk memudahkan pengguna dalam membuat toko online.  


Meski menyediakan banyak fitur, ternyata Joombla juga mempunyai banyak kekurangan. Contohnya adalah terbatasnya access control list, tidak memiliki fasilitas tracker, jarang berada di urutan pertama search engine, dan sebagainya. 


4.    OSCommerce
Platform gratis ini tidak begitu populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan OSCommerce khusus digunakan untuk membuat toko online, berbeda dengan Blogspot ataupun WordPress. 


Kelebihannya adalah sangat mudah dalam pembukaan situs serta mudah menampilkan barang dagangan dengan informasi yang dibutuhkan konsumen. Menariknya lagi, biaya pengiriman barang dan juga pajak bisa langsung dihitung melalui platform tersebut. Namun, OSCommerce memiliki beberapa kekurangan, yaitu kurang populer dan  sulit menemukan produk yang dijual di platform ini.


5.    PrestaShop
Platform gratis yang satu ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 untuk mendukung siapa saja yang ingin memulai bisnis online. Target utama dari PrestaShop adalah pengusaha kecil dan menengah sehingga pemula bisa menggunakannya dengan mudah.


Fitur utama yang dimiliki platform ini mudah digunakan dan ada forum penggunanya di Indonesia. Kekurangan PrestaShop yang perlu diketahui adalah tidak menggunakan panduan dalam bahasa Indonesia. Selain itu, kebanyakan template yang disediakan berbayar. 


Nah, itulah 5 rekomendasi platform gratis untuk memulai bisnis online. Selain untuk sebagai tempat menjual barang, Anda juga bisa memanfaatkan keberadaannya untuk menawarkan jasa penulis artikel dalam membuat konten untuk blog maupun website. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Ada yang bisa kami bantu?
Copied..!