Cara Mendapatkan Uang dengan Menjadi Penulis Freelance

Sabtu, 14 November 2020, Oleh: writerpas admin

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang melalui internet. Salah satunya yaitu menjadi penulis lepas atau freelance. Tentu cara ini sangat cocok ditekuni oleh siapa saja yang memiliki hobi menulis. Hanya dengan bermodalkan keahlian menulis dan koneksi internet, Anda sudah memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan.
 
Menjadi seorang penulis freelance bisa dibilang lebih mudah jika dibandingkan dengan membuat blog pribadi. Kenapa demikian? Karena penulis akan langsung mendapatkan uang ketika menerima orderan dari pelanggan. Tentu ini berbeda dengan blog yang membutuhkan waktu cukup lama untuk menghasilkan uang.

Ketahui  5 Cara Mendapatkan Uang dengan Menjadi Penulis Freelance


Bagaimana cara memulai menjadi penulis lepas? Pastinya Anda harus memiliki skill menulis yang sangat baik. Keterampilan menulis bisa Anda dapatkan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang kini banyak diadakan secara online. 


Setelah itu, barulah Anda bisa memanfaatkan kemampuan menulis ini untuk menghasilkan uang. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dengan menjadi penulis lepas atau freelance? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.  


1.    Membuat Blog untuk Tulisan Sendiri


Cara yang pertama adalah dengan membuat blog dan diisi dengan tulisan Anda sendiri. Cara ini harus dilakukan sebelum membuka usaha penulisan artikel. Blog tersebut berguna jika ada calon klien yang menanyakan dan ingin melihat artikel yang pernah Anda buat. 


Pada intinya, blog yang dimiliki sengaja dibuat untuk dijadikan modal utama jika nantinya Anda memiliki usaha penulisan artikel. Sebagai pemula, Anda bisa membuat blog gratis terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Anda bisa membuat blog melalui WordPress ataupun Blogspot. 


2.    Bergabung di Situs-Situs Freelance 


Jika benar-benar serius ingin menekuni profesi sebagai penulis lepas, Anda disarankan untuk bergabung di situs-situs freelance. Kemudian, carilah lowongan pekerjaan pada kategori penulis artikel, writing, dan semacamnya. Jangan lupa untuk membuat portfolio diri sebaik mungkin supaya ada banyak klien yang tertarik. Setelah itu, lakukan bid atau penawaran pada job menulis.


Beberapa situs freelance yang ada di Indonesia contohnya adalah Sribulancer.com, Project.co.id, Fastwork.id, dan sebagainya. Selain bergabung di situs-situs freelance, Anda juga bisa bergabung di grup-grup blogger Indonesia yang ada di Facebook dan media sosial lainnya. 


3.    Mengajukan Penawaran Langsung ke Pemilik Website atau Blog 


Apabila sudah memiliki portfolio pekerjaan yang cukup menarik, Anda bisa mengajukan penawaran langsung ke pemilik website atau blog. Jika cukup berani untuk melakukannya dari awal, berarti Anda harus sudah memiliki skill menulis yang baik serta menguasai cara membuat artikel yang bagus dan berkualitas. Langkah-langkah penawaran yang bisa dilakukan, antara lain:


  • Mencari blog-blog dengan topik artikel yang diinginkan.
  • Menghubungi pemilik blog melalui halaman kontak maupun email yang tersedia.
  • Jika diperlukan, hubungi langsung beberapa blog sekaligus.


Anda bisa menawarkan jasa sebagai penulis freelance untuk jenis artikel yang beragam. Hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah menguasai cara menulis artikel yang dibutuhkan oleh blogger. 


Seiring berjalannya waktu Anda bisa menawarkan jenis artikel tertentu yang lebih spesifik. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan tulisan dengan harga berbeda-beda, misalnya jenis artikel mendalam bisa ditawarkan dengan harga lebih mahal. 


4.    Membuka Usaha Jasa Penulisan Artikel 

 
Selain ketiga cara di atas, Anda juga bisa membuka usaha jasa penulis artikel. Momen yang tepat untuk membukanya adalah ketika Anda sudah mendapatkan banyak pesanan tulisan. 


Banyaknya pesanan yang masuk tentu akan membuat Anda kesulitan dalam mengerjakannya. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan membatasi jumlah job yang diterima atau memperkerjakan penulis lain untuk menyelesaikan job tersebut.


Sudah ada bayak penulis freelance yang dulunya bekerja sendiri, tetapi saat ini telah mempekerjakan banyak penulis lainnya. Semakin banyak penulis andal yang dimiliki, pastinya jumlah job yang bisa dikerjakan juga akan semakin meningkat. 


Itulah 5 cara mendapatkan uang dengan menjadi penulis freelance. Semoga uraian di atas bisa membantu Anda untuk lebih bersemangat dalam menekuni dunia menulis sebagai modal untuk mendapatkan penghasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Ada yang bisa kami bantu?
Copied..!