5 Cara Memulai Bisnis Online di Masa Pandemi

Kamis, 26 November 2020, Oleh: writerpas admin

 

Di masa pandemi seperti ini, kita diharuskan untuk berdiam diri di rumah supaya dapat membantu memutus rantai penyebaran COVID-19. Hal ini mungkin dianggap sulit oleh orang-orang yang kehilangan pekerjaan dan tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari- harinya. 
 
Namun, di sisi lain, ada sebagian orang lebih memilih memenuhi kebutuhan mereka dengan cara berbelanja online untuk dapat mengurangi kontak fisik. Hal ini menyebabkan platform belanja online semakin laris dan banyak mengalami peningkatan jumlah pengguna. 


Hal ini juga bisa menjadi peluang untuk Anda yang ingin meraih penghasilan tambahan dengan cara membuka bisnis online. Berikut penjelasan lengkap mengenai 5 cara memulai bisnis online di masa pandemi. 


Cara Memulai Bisnis Online di Masa Pandemi 


Memulai bisnis online di masa pandemi bisa menjadi peluang yang besar untuk meraih keuntungan jika Anda benar benar serius dalam menjalankannya. Ada beberapa tahapan atau cara yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis di masa pandemi. 


1.    Pintar Memilih Jenis Produk
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis produk yang akan dijual. Produk yang Anda jual bisa berupa barang ataupun jasa. Di masa pandemi seperti ini, Anda harus pandai-pandai memilih produk yang sekiranya benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang.

Contoh barang yang dibutuhkan di masa pandemi ini yaitu masker, face shield, hand sanitizer, cairan disinfektan, madu, obat obatan, dan lain-lain. Namun, barang-barang yang disebutkan tadi tentunya sudah banyak dijual di pasaran. Untuk itu, Anda harus melakukan inovasi baru, misalnya dengan meningkatkan kualitas produk, mempercantik kemasan produk, dan lain-lain.

2.    Tentukan Segmentasi Pasar
Setelah menentukan produk yang akan dijual, selanjutnya Anda perlu menentukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar maksudnya Anda harus menentukan siapa saja orang-orang yang sekiranya akan membeli produk Anda. 


Jika Anda menjual APD, maka segmentasi pasarnya adalah dokter, perawat, dan karyawan yang bekerja di rumah sakit. Menentukan segmentasi pasar sangat diperlukan supaya Anda bisa memilih cara promosi dan media promosi yang tepat.  


3.    Buat Promosi yang Menarik
Anda juga harus membuat promosi yang menarik minat calon pembeli. Anda bisa melakukan promosi dengan cara membuat video, foto, atau poster, kemudian unggah bahan promosi tersebut ke berbagai media sosial seperti, Instagram, Facebook, YouTube, dan media lainnya.


Salah satu cara promosi yang tidak kalah jitu untuk meningkatkan penjualan produk Anda adalah promosi melalui website. Caranya yaitu dengan membuat artikel yang berkaitan dengan produk Anda, kemudian arahkan pembaca untuk membeli produk tersebut. Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel untuk membuatkan artikel yang bagus dan menarik, kemudian unggah artikel tersebut ke website Anda. 


4.    Manfaatkan Platform Belanja Online
Untuk memperluas jangkauan calon pembeli, Anda juga bisa menjual produk di platform belanja online. Keuntungan menjual produk di platform belanja online adalah toko Anda akan lebih dipercaya oleh calon pembeli. Selain itu, Anda juga akan dibantu untuk berpromosi oleh platform tersebut sehingga akan semakin banyak orang yang mengenal produk yang Anda jual.


5.    Berikan Diskon kepada Pelanggan
Cara yang terakhir untuk memulai bisnis online di masa pandemi adalah dengan memberikan diskon kepada pelanggan. Anda bisa memberikan diskon berupa potongan harga, beli 2 gratis 1, atau diskon berupa gratis ongkir. Hal ini tentu bisa menarik minat pembeli dan membuat pembeli semakin menginginkan produk Anda. 


Itulah tadi beberapa cara untuk memulai bisnis online di masa pandemi agar bisnis Anda mampu bersaing dan bertahan, meski dalam situasi yang sulit. Selamat mencoba strategi di atas dan semoga bisnis Anda sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Ada yang bisa kami bantu?
Copied..!