4 Kesalahan Pemasaran Online yang Membuat Bisnis Gagal

Sabtu, 21 November 2020, Oleh: writerpas admin

 

Anda sudah lama menjalankan bisnis online, tetapi merasa tidak ada kemajuan yang berarti? Atau malah kalah bersaing dengan mereka yang pemula?. Padahal, Anda merasa sudah melakukan promosi dan pemasaran secara maksimal, tetapi hasilnya tetap saja belum memuaskan. Kalau kondisi ini yang sedang dihadapi, sangat mungkin Anda melakukan kesalahan pemasaran online yang memperburuk bisnis.
 
Banyak orang yang bisnisnya hanya jalan di tempat atau stagnan. Meskipun tampaknya sudah melakukan pemasaran dengan maksimal, hasilnya tetap tidak optimal malah berujung pada kegagalan. 


4 Kesalahan Pemasaran Online yang Wajib Dihindari


Dari waktu ke waktu, jumlah pebisnis online semakin banyak saja. Namun, di antara mereka banyak juga yang harus menelan kegagalan. Apa sebenarnya yang menjadi masalah dan penyebab kegagalan tersebut?


Kemungkinan paling umum adalah Anda melakukan kesalahan pemasaran online yang justru membuat usaha terpuruk. Kesalahan yang dimaksud antara lain sebagai berikut ini.


1.    Tanpa Hosting dan TLD
Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pemasar online pemula dan amatir adalah tidak mempergunakan hosting dan TLD. Padahal, hosting berfungsi sebagai “rumah” tempat tinggal semua data produk yang Anda jual secara online. Hosting bukan saja berguna untuk menyimpan, tetapi juga sekaligus untuk mengamankan data produk Anda.


Kesalahan tersebut diperparah dengan tidak adanya TLD atau top level domain, yaitu nama domain yang sudah cukup populer untuk digunakan, misalnya adalah dot com (.com). Dengan mempergunakan TLD, website bisnis Anda akan terlihat lebih profesional. Jadi, segan mempergunakan domain yang populer adalah sebuah kesalahan pemasaran online yang seharusnya bisa dihindari.


2.    Konten Tidak Dioptimasi
Internet adalah sarana dan media yang Anda gunakan saat melakukan pemasaran online di mana ada ratusan, bahkan ribuan konten di dalamnya. Bagaimana bisnis Anda bisa diketahui orang jika tidak bisa memenangkan persaingan dengan konten lain yang jumlahnya sangat banyak itu? Solusinya adalah dengan melakukan optimasi pada konten Anda agar mudah ditemukan oleh para pengguna internet.


Konten baik berupa teks, gambar, maupun video harus dioptimasi agar bisa tampil pada halamam utama hasil penulusuran di mesin pencari. Salah satu caranya adalah dengan teknik SEO atau search engine Optimization


Kalau Anda kesulitan untuk membuat konten yang SEO-friendly dan menarik,  Anda bisa menyerahkannya kepada siapa saja yang ahli, seperti jasa penulis artikel terpercaya, misalnya. Mereka akan membantu Anda membuatkan konten SEO yang berkualitas. Konten seperti ini akan mempunyai peluang lebih besar untuk dijangkau orang dan itu artinya produk Anda akan makin dikenal.


3.    Tidak Melakukan Story Telling
Kesalahan pemasaran online yang lainnya adalah tidak melakukan story telling pada saat menjual produk. Anda perlu menceritakan kelebihan dan keunggulan produk Anda agar bisa menarik minat konsumen. Ceritakan apa yang menjadi alasan bagi konsumen untuk membeli produk dari toko Anda, bukan yang lainnya. Buatlah cerita yang tidak membosankan dan bisa menyentuh sisi emosional calon konsumen.


4.    Target Pasar Tidak Sesuai
Anda tidak boleh menjual produk secara sembarangan, semua harus dilakukan dengan strategi yang tepat. Awali dengan menetapkan target pasar yang sesuai, jangan asal menjual. Kalau Anda memaksa untuk menjual barang kepada target yang tidak sesuai dengan produk yang dijual, hasilnya tidak akan memuaskan. 


Sayangnya, kesalahan pemasaran online seperti ini masih sering terjadi dan banyak dilakukan oleh para pemula. Mereka hanya ingin produkya cepat terjual dan bisa menikmati laba yang banyak tanpa mau mempelajari target market secara tepat. 


Orang yang tidak membutuhkan produk Anda akan sangat kecil kemungkinannya untuk membeli. Itulah sebabnya menjual produk pada konsumen yang tepat akan meningkatkan penjualan produk Anda. Contohnya adalah menjual produk kecantikan kepada anak-anak, tentu hasilnya kurang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Ada yang bisa kami bantu?
Copied..!